Cara Menuliskan Mata Uang Rupiah Secara otomatis di Excel 2007

Pengenalan sedikit tentang microsoft excel. Microsoft excel atau microsoft office excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet(Lembar Kerja Elektronik. Aplikasi ini menampilkan lembaran tabel yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Windows dan Mac OS. Cara menggunakannya pun mudah sehingga Microsoft Excel menjadi salah satu program komputer yang populer digunakan oleh pengguna komputer sampai saat ini.

Disini kita akan belajar menjumlahkan uang ke dalam mata uang rupiah dan juga mata uang lainnya. Yang harus diketahui terlebih dahulu adalah dasar-dasar perhitungan excel dari tambah, kurang, bagi dan kali. Setelah mengetahui dasar perhitungan excel, baru lah kita bisa belajar menjumlahkan dalam bentuk mata uang rupiah dan mata uang lainnya. Untuk lebih jelasnya, Ikuti langkah-langkah gambar dibawah ini.


Cara Menuliskan Mata Uang Rupiah Secara otomatis di Excel 2007

1. Buatlah tulisan seperti gambar diatas. Lalu klik satu kotak dan tarik sampai beberapa kotak.
2. Selanjutnya, Klik General Dibagian atas Toolbar Excel kita
3. Dan Klik More Number Formats Maka akan muncul kotak seperti dibawah ini.


4. Pilih General > Accounting
5. Cari simbol mata uang Rupiah(Rp)
6. Selanjutnya Decimal Places

  • Decimal Places maksudnya adalah kita menentukan jumlah 0 dibelakang angka, jika pilih 3 maka pada saat kita masukan angka 1 di kotak excel maka akan menjadi 1000, jika 2 maka akan menjadi 100. contoh gambar.
7. Jika kita tentukan Jumlah 0 dibelakang angka sebanyak 3. Ketika menuliskan angka 1 maka 1=Rp.1,000 dan 0,5=Rp.0,500 dan 1,5=Rp.1,500

8. Rumus Penjumlahan kebawah dalam bentuk banyak adalah =SUM(I4:I10). Bagi yang belum mengerti dasar.

Semoga bermanfaat bagi anda semua, selamat mencoba,terimakasih.


Share on Google Plus

About Muhammad Iqbal

0 komentar:

Posting Komentar