Rumus Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian di Microsoft Excel

Rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian adalah rumus-rumus yang mungkin paling banyak digunakan sehari-sehari, ada banyak cara untuk melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian mulai dari menghitung dengan cara manual ataupun menggunakan alat penghitung seperti Calculator. Pada kesempatan kali ini saya memberikan penjelasan cara menggunakan rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

Berikut penjelasan mengenai rumus penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian selengkapnya:


  1. Rumus Penjumlahan.
  2. Dalam penggunaan rumus penjumlahan dengan Excel terdapat dua pilihan, pertama menggunakan operator plus (+) dan yang kedua menggunakan Fungsi SUM.
    Contoh: pada cell A2 masukkan angka 100 dan pada cell B2 masukkan angka 50, kemudian pada cell C2 masukkan rumus = A2+B2 kemudian tekan ENTER. maka hasilnya adalah 150. Sekarang coba ganti rumus pada cell C2 menjadi seperti ini =SUM(A2:B2) kemudian tekan ENTER, maka hasilnya akan sama yaitu 150.



     

    2.Rumus Pengurangan.


    Dalam penggunaan rumus pengurangan di Microsoft Excel, tidak ada fungsi atau formula khusus yang bisa digunakan untuk melakukan operasi pengurangan, mungkin karena dalam pengurangan biasanya tidak melibatkan banyak data. Untuk melakukan operasi pengurangan di Microsoft Excel cukup menggunakan operator minus (-). contohnya pada cell A2 masukkan angka 150 dan pada cell B2 masukkan angka 50, kemudian pada cell C2 masukkan rumus = A2-B2 kemudian tekan ENTER hasilnya adalah 10


    3. Rumus Perkalian.

    Untuk menggunakan rumus Perkalian di program Microsoft Excel ada 2 cara, pertama menggunakan operator asterisk (*) dan yang kedua menggunakan formula PRODUCT. Contoh: pada cell A2 masukkan angka 100 dan pada cell B2 masukkan angka 5, kemudian pada cell C2 masukkan rumus = A2*B2 kemudian tekan ENTER hasilnya 500. Sekarang coba rubah rumus pada C2 menjadi =PRODUCT(A2:B2) maka hasilnya akan sama 500.

    4.Rumus Pembagian.

    Untuk melakukan operasi pembagian data dalam microsoft Excel caranya adalah dengan menggunakan operator slash (/). Contohnya: pada cell A2 masukkan angka 500 dan pada cell B2 masukkan angka 5, kemudian pada cell C2 masukkan rumus = A2/B2 kemudian ENTER hasilnya 100.





Begitulah cara menggunakan rumus penjumlahan,pengurangan, perkalian dan pembagian.
Selamat mencoba,semoga bermanfaat.
Share on Google Plus

About Muhammad Iqbal

0 komentar:

Posting Komentar