Cara Membuat Foto Siluet Di Photoshop

Tutorial Photoshop Cara Membuat Foto Siluet – Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial bagaimana cara membuat siluet menggunakan adobe photoshop. Tutorial ini sangat mudah untuk diikuti bagi pemula sekalipun, disini saya akan akan menyediakan foto yang akan di edit, sobat tinggal mengikuti langkah-langkah yang saya berikan dengan cermat dan teliti. Apa sih sebenarnya siluet itu? Mungkin diantara sobat sekalian sudah ada yang apa itu siluet dan ada yang belum tahu. Kalau sobat sering nonton “PAS MANTAB” di Trans7 pasti tau, setiap bintang tamunya pasti diberikan siluet sebagai hadiah / tanda terima kasih karena telah menjadi bintang tamu. Bentuknya seperti foto dari samping yang melukiskan struktur kepala tetapi hanya menggunakan warna hitam dan putih saja. Lebih jelasnya berikut penjelasan tentang siluet dari wikipedia :


  • Siluet adalah efek yang dihasilkan dalam fotografi karena adanya perbedaan signifikan antara pantulan cahaya objek utama di bagian depan gambar dengan latar belakangnya. Untuk menghasilkan siluet, cahaya dari bagian belakang objek harus sangat terang kemudian ditangkap dengan mengukur luminitas cahaya latar belakang.Siluet juga bisa dihasilkan dengan menghalangi pantulan cahaya objek utama secara selektif.
Nah itu dia sedikit penjelasan tentang siluet. Definisi diatas tadi menjelaskan tentang siluet fotograpi, namun disini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat siluet versi PAS MANTAB. Oke langsung saja berikut tutorialnya :


LANGKAH 1


Buat dokeumen baru di photoshop dengan rincian seperti gambar dibawah ini :


LANGKAH 2


Open foto yang akan diedit menjadi siluet :



LANGKAH 3

Pastikan layer foto aktif, kemudian tekan :
Ctrl + Shift + L
Langkah ini berfungsi agar objeknya lebih gelap dan background menjadi sedikit agak terang, seperti gambar dibawah ini :

LANGKAH 4

Kemudian gunakan Quick Selection Tool (W) untuk mengambil objek yang akan dijadikan siluet, lebih jelasnya seperti gambar dibawah ini 


LANGKAH 5

Setelah terselect, tekan Ctrl + J, langkah ini berfungsi agar objek yang terselect tadi menjadi layer baru. Kemudian hilangkan icon mata pada layer foto seperti pada gambar dibawah ini :


LANGKAH 6

Klik 2x “layer 1” untuk memunculkan jendela layer effects, kemudian pilih “Color Overlay” dan ganti warnanya menjadi hitam, setelah itu klik ok. Maka warnanya akan menjadi hitam semua seperti gambar dibawah ini :

LANGKAH 7

Kemudian gunakan Pollygonal Lasso Tool (L) & Eraser Tool (E) untuk merapihkan bagian pinggir-pinggir foto, dan edit bentuknya sesuai dengan keinginan dan inspirasi sobat sekalian. Kalau saya mencontohkannya seperti gambar dibawah ini :

LANGKAH 8

Agar tampak lebih elegant, letakan foto yang telah diedit tadi ditengah-tengah figura dan berikan sedikit  tulisan. Disini saya mencontohkan dengan memberi nama “Berlian” menggunakan font ChopinScript, 

Selesai,semoga bermanfaat bagi sobat-sobat semua.



Share on Google Plus

About Muhammad Iqbal

0 komentar:

Posting Komentar