5 Jenis Monitor Terbaik Untuk Game

Bagi sebagian orang, game bukan hanya media untuk sekadar menyegarkan pikiran, tetapi sudah menjadi sebuah kegiatan yang perlu dikerjakan secara serius. Untuk memenuhi kebutuhan khusus tersebut, tak sedikit gamer yang sengaja merogoh kocek untuk "mempersenjatai diri" dengan peranti keras canggih, misalnya monitor.
Berikut lima monitor terbaik - berikut keunggulannya masing-masing - yang bisa Anda pilih demi pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan:

1. AOC G2460PG
Luas layarnya memang hanya 24 inci, tetapi jangan remehkan teknologi di belakangnya. Di dalam monitor yang sudah mendukung resolusi 4K ini, tertanam fitur Ultra Low Motion Blur (ULMB), yang berguna untuk memerangi blur dalam game. Monitor ini juga mendukung teknologi buatan Nvidia, yaitu G-Sync, yang berperan besar untuk memperbaiki screen tearing dan mengurangi lag. Agar kinerja monitor ini lebih optimal, gandengkan saja dengan kartu grafis GeForce 650Ti atau yang lebih baru.
Meski sudah dirilis pada pertengahan tahun 2014 lalu dan hanya memiliki satu buah DisplayPort serta lima port USB 2.0, monitor Rp3 jutaan ini masih layak untuk dijadikan kebutuhan standar dalam bermain game.

2. ASUS VG248QE
Secara kasatmata, monitor buatan ASUS ini terlihat menggoda. Namun, di samping desainnya yang ergonomis dan layar seluas 24 inci yang cukup nyaman itu, Anda akan mendapatkan hal yang sangat dibutuhkan setiap gamer: kecepatan dan gambar yang halus. Kebutuhan tersebut disokong oleh kecepatan refresh monitor yang mencapai 144Hz, adanya fitur Blur Busters yang mengupayakan agar gambar tidak kabur, serta resolusi maksimal 1920x1080.
Dengan harga di bawah Rp4 juta saja, Anda bisa membawa pulang monitor yang memiliki tiga macam port input digital tersebut, yakni HDMI, DisplayPort, dan DVI

3. BenQ XL2430T
Walau masih tergolong baru, produk buatan BenQ seharga kurang dari Rp5 juta ini cukup layak untuk bersaing sengit dengan deretan monitor khusus game yang sudah ada. Dengan fresh rate sebesar 144Hz dan panel beresolusi QHD (2560x1440), BenQ XL2430T terbilang sebagai monitor yang kaya akan fitur. Untuk mengatasi blur, monitor ini mengakomodasi fitur blur reduction bawaan dan ULMB. BenQ XL2430T telah mengizinkan user untuk mengontrol On Screen Display (OSD) dengan mudah lewat S Switch, selain melakukannya via konfigurasi standar pada tombol-tombol di samping kanan monitor. Kualitas gambar dan keakuratan mode grayscale-nya juga cukup mumpuni.
Koneksi input untuk monitor 27 inci ini pun sudah lengkap, mulai dari DisplayPort, DVI, VGA, dan HDMI.
4. ASUS ROG Swift PG278Q
Vendor lain, seperti AOC dan BenQ, memang ikut menyumbangkan opsi monitor yang mendukung fitus G-Sync. Akan tetapi, yang pertama kali merilis produk serupa ialah ASUS. Ya, monitor dengan fitur dan harga premium ini memang sudah beredar di pasaran sejak Agustus 2014. Namun, monitor seluas 27 inci ini sampai sekarang masih laris diburu para gamer garis keras yang membutuhkan optimalisasi tampilan di monitornya.
Bentuk dukungan yang diberikan ASUS pada para gamer lewat monitor ini sangat bervariasi, di antaranya fitur ULMB dan kemampuannya mendukung beragam refresh rate, mulai 80, 100, 120, hingga 144Hz. Tak ketinggalan, monitor yang harganya mencapai Rp11,5 juta ini juga mendukung resolusi maksimal 2560 x 1440 serta socker DisplayPort 1.2 untuk sumber input.
5. Overlord Tempest X270OC
Jika Anda menginginkan standar monitor yang tinggi, lengkap dengan G-Sync serta layar panel IPS, monitor buatan Overlord inilah yang seharusnya Anda pilih. Refresh rate Tempest X270OC, yang dijual sekitar Rp5,8 juta, ini bisa di-overclock dari 60Hz ke 120Hz. Lalu, demi meminimalkan potensi terjadinya lag, monitor ini dibekali dengan sebuah koneksi input Dual-DVI dan tanpa OSD. Layar seluas 27 incinya pun telah dipersiapkan untuk menampilkan gambar dengan kualitas QHD.
Namun yang paling seru, Tempest X270OC ternyata juga bisa difungsikan dalam mode portrait, sehingga bisa memberikan pengalaman terbaru buat Anda ketika bermain game.


Demikianlah artikel saya pada saat ini,semoga bermanfaat, dan pililah sesuai selera anda masing-masing Terimkasih.

Share on Google Plus

About Muhammad Iqbal

0 komentar:

Posting Komentar